Senin, 21 Juli 2014

Laporan Kegiatan Bulan Ramadhan(1)

Dekatkan Diri dengan Allah Melalui Lantunan Ayat Suci Al-Qur'an

Assalamualaikum, sobat 1104..
Alhamdulillah, kita bisa bertemu dengan bulan Ramadhan yang penuh berkah pada tahun ini. Gimana puasanyaa??? Lancar-lancar aja kann?? Alhamdulillah kalau begitu.. Semoga Allah swt. senantiasa memberikan kelancaran kepada kita dalam beribadah kepadaNya yaa..

Kalau lagi puasa suka pada kelaparan gaakk?? Yaiyalah, namanya juga puasa, tentunya kita akan mengalami yang namanya lapar dan haus bandel. Hehe.. tapi tapi tapi, saya ada tips loh, gimana caranya agar kita gak begitu ngerasain lapar dan haus saat berpuasa?? Kebetulan tips ini sangatlah ampuh bagi saya pribadi dan inilah salah satu kegiatan yang sering saya lakukan selama Bulan Ramadhan.

Mau tau?? Yukkk.. dilanjut bacanya kalau begitu J enjoy for read..

Yap, puasa memang identik dengan lapar dan haus. Mau ga mau, itu pasti akan terjadi karena lapar+haus adalah salah satu cobaan dalam berpuasa. Sebagai umat yang beriman kepada Allah swt., sudah menjadi tugas kita untuk menghadapi itu semua. Tapi, saya ada satu cara yang bagi saya sendiri sangat ampuh dalam menghadapi lapar dan haus saat berpuasa. Apakahh ituu???

Jawabannya adalah Mengaji.

Yap, Membaca Al-Quran, kitab Allah swt. yang diturunkan melalui Nabi Muhammad saw. Sekedar info aja nih, Kitab Al-Quran diturunkan pada bulan Ramadhan secara berangsur-angsur. Nah, itu juga yang menjadi salah satu alasan mengapa kita harus banyak-banyak membaca Al-Quran di bulan Ramadhan, karena Ramadhan adalah bulan yang dimana Al-Quran diturunkan. Terus, saya juga pernah dengar ceramah yang mengatakan bahwa: ibadah kita di bulan Ramadhan itu akan menjadi patokan ibadah kita di bulan selain ramadhan. Contohnya gini, kalau sholat 5 waktu kita di bulan ramadhan itu ga ada yang bolong-bolong, maka insya Allah sholat 5 waktu kita di bulan Syawal, Dzulkaidah, Dzulhijjah, dan seterusnya sampai kembali memasuki bulan Ramadhan lagi, ga bakal ada juga yang bolong (amiinnn). Nah, kalau sholat 5 waktu kita di bulan Ramadhan aja udah banyak yang bolong-bolong, apalagi di bulan lainnya. Ya kann??
Sama halnya dengan membaca Al-Quran. Kalau di dalam bulan Ramadhan aja kita gak bisa nyempetin baca Al-Quran, ga bisa khatam Al-Quran, apalagi bulan-bulan lainnya.

Sebelumnya, pada tau gak kenapa bulan Ramadhan sering di sebut sebagai bulan penuh berkah, bulan penuh nikmat, dan lain sebagainya?? Dari yang pernah saya dengar lagi nihh, bulan ramadhan di sebut demikian karena khusus di bulan Ramadhan, Allah swt. akan melipatgandakan semua pahala-pahala ibadah kita. Tapi, yaa kalo kita melanggar perintah Allah swt. di bulan Ramadhan, dosa kita bakal nambah dua kali lipat juga. Nah, kita sebagai umat muslim yang berakal, sudah pasti gak ada yang mau kalau dosanya didua kali lipatkan sama Allah kan??? Makanya, jauhi laranganNya dan lakukan terus perintahNya, khususya di bulan Ramdahan ini.

Back to the main topic..
Katanya sih yaa, kalau kita mau atau lagi beribadah kepada Allah swt., setan, iblis jin dan sebangsanya itu bakalan gangguin kita dan ngebujuk kita biar gak ibadah. Sering banget nih terjadi di kehidupan sehari-hari, gak terkecuali saat kita mau ngaji. Padahal kita tau tuhh, pahalanya ngaji di bulan Ramadhan itu gede banget. Tapi, si setan ngerayu dan ngebujuk kita biar gak ngaji. Darimana kita tau kalau setan sedang ngebujuk kita? Dari kebimbangan kita saat mau ngaji. Dilema banget tuh.. di satu sisi, kita pingin dapat pahala banyak dari Allah. Tapi di sisi lain, setan ngebisikin kita dan bikin alasan-alasan biar kita gak jadi ngaji,misalnya kayak ntar kalau tenggorokannya kering gara-gara ngaji gimana, kalau lemas gimana, kalau haus gimana, kalau lapar gimana, kalau kalau kalau dan masih banyak lagi ‘kalau’ yang di buat oleh setan untuk menghalangi kita beribadah kepada Allah swt.

Padahal yaa, berdasarkan pengalaman saya pribadi, mengaji saat sedang berpuasa itu malah gak bikin haus dan lapar sama sekali. Malahan ngaji bikin gak berasa kalau lagi puasa. Waktunya tetep jalan, tapi kita gak ngerasain kalau waktu sedang berjalan. Yaa, intinya gak berasa gitu puasanya, tau-tau udah buka puasa aja.

Nah, jadi udah pada tau kan resep agar tidak lapar dan haus saat berpuasa?? Semoga resep yang saya berikan manjur, yaa.. Yang terpenting adalah jangan pernah ragu untuk beribadah kepada Allah swt. meskipun dalam keadaan berpuasa, dan lakukan semua ibadah dengan ikhlas semata-mata hanya untuk mendapatkan ridha Allah swt.

Akhir kata, semoga artikel saya di atas dapat bermanfaat dan semoga kita semua diberikan kelancaran dalam berpuasa. Aminnn....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar