Selasa, 22 Juli 2014

Laporan Kegiatan Bulan Ramadhan (2)

Sambut Idul Fitri dengan Membuat Kue Lebaran


Assalamu’alaikum, sobat 1104....

Selamat datang kembali di blog saya. J
mmm.. kali ini mau ngomongin apa lagi ya?? -_-
eh, gimana puasanyaa??? Udah ada yang bolong belomm?? Kalau saya sendiri, alhamdulillah belum ada nihh, dan semoga gak ada yang bolong sampe bulan Ramadhan berakhir yaa...

Ihh.. gak kerasa yaa, puasanya? Udah masuk hari ke 24 aja, nihh..
Itu artinyaaa, bentar lagi lebarannnn!!! Yeyyy!!! udah pada dapat baju lebaran belomm?? Bagi yang belum, disegerakanlah yaa.. haha

Ngomong-ngomong soal idul fitri, tak lengkap rasanya bila tak berbicara masalah kue lebaran. Kue lebaran sebenarnya hanya formalitas biasa saja sih, untuk menjamu para tamu yang datang ke rumah kita untuk bersilaturahmi. Yang terpenting dalam lebaran sebenarnya bukan kue lebaran atau pun baju barunya, melainkan keikhlasan kita sebagai umat muslim untuk saling maaf-memaafkan. Betul, tidak??

Oya, kemarin saya dan mama saya buat kue lebaran lohh... Kemarin baru sempat buat kue palem, kue bintang (gatau namanya apa, pokoknya bentuk kuenya bintang dahh), dan yang terakhir adalah kue nastar. Kami mulai buat kuenya dari jam satu siang sampe jam setengah enam sore, terus lanjut lagi malamnya dari sekitar jam delapan malam sampai jam satu pagi. Uhh, lama banget kan?? Badan saya aja sampai pegal-pegal setelah buat kue u,u(curhatt). Tapi, ga apa. Walaupun bikin badan jadi lelah, letih, lesu, dan sebagainya, tapi hasilnya sangat memuaskan. Enak bangett!! Haha... Kalian mesti coba dehh..

Mauu?? Yaudah, saya kasih resep dan cara membuatnya yaa... ntar kalian bikin sendiri di rumah masing-masing, hehe. Oya, sebelumnya, saya mau kasih tau dulu. Untuk kue palem, kue nastar, dan kue bintang, bahan dan adonan kuenya itu sama aja, yang membedakan hanyalah polesan-polesan dan isi dari kue itu sendiri.

Bahan Adonan (Kue Nastar, Kue Bintang, dan Kue Palem):
5 bgks      Mentega
400 gr       Gula Halus
2 buah     Butter
6 buah     Vanilli
2 bgks      Tepung Maizena
2 kg           Tepung Terigu
2 bgks      Susu
10 butir    Telur (kuningnya saja)

Masukkan semua bahan-bahan di atas ke dalam sebuah wadah yang cukup besar. Kemudian, bahan-bahannya di mix menggunakan mixer. Kalau adonannya udah jadi,tinggal di buat deh kuenya.

Kue yang pertama kali saya buat adalah kue palem. Dalam pembuatan kue palem, kita juga harus menyediakan yang namanya gula palem secukupnya.
Berikut ini cara membuat kue palem:
1.     1.  Siapkan adonan kue palem (bahan-bahan adonan telah saya jelaskan di atas)
2.     2.  Bentuk adonan sesuai dengan keinginan anda.
3.       Adonannya bisa di bentuk menggunakan cetakan kue, namun kalau saya kemarin membuat kue palemnya ga pakai cetakan. Jadi, adonannya di buat lonjong-lonjong gitu.
4.     3.  Setelah adonan di bentuk, masukkan adonan ke dalam wadah yang berisi lautan gula palem. Balut adonan dengan gula palem.
5.     4.  Setelah adonan telah tertutup dengan gula palem, angkat adonan dan taruh di loyang. Oya, loyangnya jangan lupa dioleskan mentega secukupnya, atau loyang dapat juga di lapisi kertas minyak. Itu semua dilakukan agar kue tidak susah di lepas dari loyang ketika sudah matang.
6.     5.  Kalau loyangnya udah ke isi penuh dengan adonan kue palem, tinggal di masukkin deh loyangnya ke dalam oven.
7.     6.  Tunggu hingga kurang lebih 15 menit. Kalau kira-kira warnanya udah kecoklatan, tinggal di keluarkan deh loyangnya dari oven.
8.     7. Taraaaa!! Kue palem siap di suguhkan pada tamu saat lebaran

Selanjutnya adalah kue bintang. Dalam pembuatan kue ini, di perlukan beberapa alat dan bahan tambahan berupa plastik, alat buat nge-roll adonan, kuning telur secukupnya, dan juga hiasan kue yang tentunya dapat dimakan yaa. Oke, langsung aja ke cara pembuatannya, sebagai berikut:
1.       Siapkan adonan.
2.       Taruh adonan di atas plastik, kemudian roll atau giling adonan sehingga permukaannya menjadi tipis. Pada pembuatan kue kemarin, saya menggunakan botol bekas sirup yang di bungkus dengan plastik es batu. Ukuran ketebalan adonan disesuaikan dengan keinginan pembuat, tapi kalau bisa jangan terlalu tebal yaa..
3.       Cetak kue dengan cetakan beraneka bentuk.
4.       Taruh adonan yang telah di cetak ke atas loyang. Seperti yang telah saya katakan sebelumnya, loyangnya jangan lupa dioleskan mentega atau dilapisi kertas minyak yaa.
5.       Kemudian, taruh hiasan di atas adonan kue. Kali ini, tak hanya kuenya saja yang berbentuk bintang, hiasan kue yang saya pakai juga berbentuk bintang.
6.       Setelah di beri hiasan kue, oleskan kuning telur di atas permukaan adonan.
7.       Adonan siap di masukkan ke dalam oven. Tunggu hingga kira-kira 15 menit, dan angkat.
8.       Taraaa!!! Kue Bintang siap disuguhkan.

Kue yang selanjutnya adalah kue Nastar. Pembuatan kue nastar ini lumayan banyak menghabiskan waktu loh daripada kue-kue sebelumnya.. Dalam pembuatannya, di butuhkan pula selai nanas, keju, dan juga kuning telur. Berikut cara pembuatan kue nastar:
1.     1.  Siapkan adonan.
2.     2.  Bulatkan adonan menggunakan tangan, kemudian pipihkan adonan tersebut.
3.      3. Taruh selai nanas di tengah permukaan adonan pipih tadi secukupnya.
4.       4. Kemudian, tutup selai nanas tadi dengan kembali membulatkan adonan.
5.       5. Taruh di atas loyang dan oleskan kuning telur di atasnya
6.       6. Tambahkan pula keju yang telah di parut.
7.       7. Adonan siap di masukkan ke dalam oven. Tunggu hingga kira-kira 20 menit dan angkat.
8.       8. Kue nastar siap di santap!!

Yaaa, dengan berakhirnya cara pembuatan kue nastar tadi, berakhir pula tulisan saya kali iniSemoga artikel saya dapat bermanfaat dan mohon maaf apabila ada kata-kata maupun cara pembuatan yang kurang jelas. Kalau mau tanya lebih jelasnya, silahkan berikan komentar di bawah ini.

Selamat Mencoba :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar