Sabtu, 18 Januari 2014

Pantai yang menyimpan sejuta cerita, Pantai Parangtritis....

Indonesia..
Negeri yang dipenuhi oleh berjuta-juta warna nan indah
berjuta-juta pulau
dari Sabang hingga Merauke

Gunung sawah, dan lautan
berjejer meghiasi bumi pertiwi ini
Sungguh indah alam negriku
Indonesia..


Negeri kita, Indonesia tak lepas dari kata lautan dan perairan. Negeri kita ini sampai-sampai dijuluki sebagai negeri Bahari, yang sekitar 2/3 wilayah Indonesia adalah lautan.

Kali ini saya ingin berbagi seputar salah satu pantai yang ada di Indonesia, tepatnya di selatan kota Yogyakarta. Yupp, Pantai Parangtritis, pantai yang menyimpan banyak cerita.




Parangtritis ini terletak di tepi Samudera Hindia loh. Sebenarya, di daerah Yogyakarta banyak objek wisata pantai. Namun, Pantai Parangtritis berbeda. Pantai ini memiliki keunikan dan keindahannya tersendiri. Seperti ombak dan alamnya yang indah. Selain itu di sana juga terdapat gumuk, yang artinya gunung pasir.

Ombak di pantai Parangtritis besar dan bergulung-gulung. Mestinya ombak seperti seperti ini sangat menggiurkan para pecinta selancar. Namun, tak seorang pun tampak berselancar di sana. 

Di pantai tertulis larangan berenang di laut dikarenakan ombak yang besar. Selain itu, Parangtritis juga memiliki Palung laut yang memiliki arus bawah laut dan dapat menyeret kita dengan sangat kuat.

Konon, hampir setiap tahun ada saja pengunjung yang lenyap ditelan ombak besar. akhirnya muncullah berbagi mitos bahwa daerah pantai ini adalah derah kekuasaannya Nyai Roro Kidul. Warga sekitar serta pihak Keraton Yogyakarta pun sering mengadakan acara Labuhan dengan memberikan berbagai sesajen.

Di pantai Parangritis juga ada gumuk loh.. Ituu, gunung-gunung pasir yang mirip gurun sahara katanya. haha.. Gumuk di barat pantai Parangtritis ini satu-satunya di Asia Tenggara lohhh. di Indonesia lagi, behhh keceee kan negri kita inii :) Oya, buat sekedar info, Gumuk sendiri berasal dari bahasa Jawa yang artinya gundukan.

Satu lagi yang bisa bikin kita terkagum-kagum dengan pantai ini. Di Parangtritis, kita juga dapat melihat menyaksikan indahnya matahari terbenam lohh.. Tempat ini kalau lagi sunset romantis banget, sampai-sampai banyak yang menjadikan sebagai tempat pemotretan foto pre-wedding. Senja yang remang-remang dan bayangan matahari berwarna keemasan di permukaan air semakin membangkitkan suasana romantis.


Oya, satu hal lagi, konon, nama Parangtritis ini diberikan oleh Dipokusomo, seorang pelarian dari kerajaan Majapahit. Waktu itu dia melihat tetesan air mengalir daricelah batu karang. Ia memberi nama tempat ini Parangtritis, yang berasal dari kata parang (batu) dan tumaritis (tetesan air).


yahh, mungkin segini aja duluu yaaa.. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kita semua, dan semoga suatu saat kita bisa bertemu di Pantai nan elok ini :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar