Sabtu, 11 Januari 2014

Karya Ilmiah 1

Pengetikan Karya Ilmiah


Jenis dan Ukuran Kertas
Kertas yang digunakan dalam penulisan karya ilmiah adalah kertas HVS polos ukuran A4, dengan berat 60, 70 atau 80 gram. Pengetikan dilakukan pada satu sisi kertas, dan tidak diperkenankan bolak-balik (dua sisi).
Pengetikan
Font (jenis huruf)     :  Times New Roman
Ukuran                     :  12
Spasi                         : 1,5 (satu setengah) kecuali pada kutipan langsung jumlahnya barisnya 5 atau lebih
Jika aksara yang digunakan adalah Arab, maka :
Font                          : Traditional Arabic
Ukuran                     :  16
Spasi                         :  1,5
Margin atau batas sisi tulisan yang digunakan dalam karya ilmiah adalah 4 cm untuk atas dan bagian kiri, dan 3 cm untuk bawah dan bagian kanan. Berbeda dengan aksara latin, penulisan aksara Arab dimulai dari kanan ke kiri.
            Pada alinea baru, ketikan biasanya dimulai setelah tujuh (7) identasi atau ketukan. Permulaan alinea bisa saja menjorok ke dalam dari 7 indentasi, yang penting kamu konsisten dalam jumlah indentasi pada setiap alinea. Kutipan langsung yang jumlah barisnya lebih dari lima, ditulis dalam alinea tersendiri dengan spasi paragrafnya satu.
            Bila dalam pengutipan terdapat penjelasan tambahan yang berasal sumber yang dikutip, maka penjelasan itu ditulis dalam kurung “( )”. Sementara jika penjelasan itu berasal dari penulis (kamu) sendiri, maka yang digunakan adalah tanda kurung besar “[ ]”
Kata-kata yang tidak bergaris bawah dalam sumber aslinya tetapi kamu beri garis bawah, maka kamu nyatakan “digarisbawahi” dalam kurung besar sesuadahnya. Garis bawah biasanya digunakan untuk menekankan pesan, data, atau informasi yang penting yang dikhawatirkan tidak ditangkap oleh pembaca.


Sumber: Buku Mari Meneliti 1
              karya Andi Rahman, M.A dkk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar