Jumat, 16 Agustus 2013

Dirgahayu Indonesiaku

DIRGAHAYU INDONESIAKU


  Proklamasi.. 
Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia. Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dll., diselenggarakan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. 

Jakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05 
Atas nama bangsa Indonesia, 

Soekarno/Hatta 

Tak terasa, hari ini negara yang kita cintai genap berumur 68 tahun. Indonesia dengan lika-liku kehidupan dan perjuangannya kini dengan gagah berani menyorakkan kata “MERDEKA!!”. Saat saya mempelajari sejarah perjuangan Indonesia dalam memperoleh kemerdekaannya, rasanya itu nano-nano. Turut prihatin dengan keadaan Indonesia yang dulu waktu masa-masanya di jajah, tapi salut juga sama bangsa Indonesia yang bisa melewati semua penjajahan itu. Bangga dengan orang-orang yang hidup saat itu, yang berani membela dan menuntut hak negara kita untuk merdeka. Bangga dengan pahlawan dan orang-orang yang berjasa lainnya, yang berani bertempur, rela mati demi bebasnya Indonesia dari kaum penjajah. Bersyukur juga sih, karena saya lahir di lingkungan yang sudah terbebas dari yang namanya penjajahan seperti dulu. Kalau saya hidup di jaman itu, tidak tau sudah jadi apa.

Dalam pidato Hari Pahlawan, 10 November 1961, bung Karno mengatakan “Bangsa yang hebat adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya”. Jelas sudah, kita sebagai pemuda pemudi Indonesia, dengan kesadaran diri yang tinggi, memiliki kewajiban untuk menghargai dan menghormati jasa pahlawan-pahlawan kita yang telah berjuang penuh untuk negeri ini. Tak hanya itu, kita sebagai generasi penerus bangsa ini, juga mengemban tugas untuk giat belajar. Dengan giat belajar bangsa Indonesia tidak akan menjadi bangsa yang bodoh. Sebagai generasi yang cerdas nantinya, kita akan dengan mudah mewujudkan cita-cita mulia bangsa Indonesia, yaitu memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia, yang tercantum pada Pembukaan UUD 1945.

MERDEKA! DIRGAHAYU INDONESIA 68.
JAYALAH BANGSAKU SEJAHTERALAH NEGERIKU.

Yok, para pemuda dan pemudi Indonesia, kita bareng-bareng, saling bahu-membahu dalam membangun Indonesia jadi lebih maju dan sejahtera.
 Sekian dulu artikel saya kali ini, kalau masih kurang bagus, yaahh.. mohon dimaapkan lah, manusia kan tidak ada yang sempurna, begitu pun saya. hehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar